Apa Itu Plak Karang Gigi? Bagini Cara Menghilangkannya

17 views
5 (100%) 7 votes

Apa Itu Plak Karang Gigi? Mungkin Anda telah memperhatikan bahwa setelah gigi membersihkan gigi Anda terlihat berkilau dan putih, tetapi dengan waktu mereka tampak lebih kusam dan kuning? Warna kekuningan itu berasal dari plak, zat film yang terbuat dari bakteri. Plak terakumulasi pada gigi Anda sendiri di atas dan di bawah garis gusi Anda. Anda mungkin menganggapnya tidak sedap dipandang, tetapi terlebih lagi, itu dapat merusak gigi dan gusi Anda jika tidak dibuang.

Cara terbaik untuk menghilangkan karang gigi

Cara paling sederhana untuk menghilangkan plak adalah selalu menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Anda harus menggunakan sikat gigi lembut yang Anda gantikan setidaknya setiap tiga sampai empat bulan, setelah bulu sikat mulai berkobar. Anda dapat mempertimbangkan menggunakan sikat gigi elektrik, yang mungkin lebih efisien dalam menghilangkan plak bila dibandingkan dengan sikat gigi tradisional.

  1. Floss sebelum Anda sikat untuk melonggarkan makanan apa pun sehingga Anda bisa menyikatnya. Untuk menggosok gigi Anda:
  2. Ambil sekitar 18 inci benang, membungkus salah satu ujung di sekitar masing-masing jari tengah seseorang.
  3. Pegang benang dengan kencang di antara jempol dan jari telunjuk Anda, lalu dorong benang dengan lembut di antara dua gigi.
  4. Pindahkan floss ke bentuk “C” di sisi 1 gigi.
  5. Gosokkan benang ke atas dan ke bawah dengan lembut, terus tekan ke gigi Anda. Berhati-hatilah untuk tidak menyentak atau mengambil benang.
  6. Ulangi teknik ini untuk semua gigi Anda, rawat benang di belakang gigi belakang Anda juga.

Setelah Anda melakukan floss, Anda harus menghabiskan waktu dua menit menyikat gigi Anda setiap kali. Untuk menyikat gigimu:

  1. Masukkan pasta gigi seukuran kacang pada sikat gigi Anda sendiri. Untuk anak-anak, jumlah pasta gigi harus secara pasti adalah tentang seberapa besar sebutir beras.
  2. Pegang sikat gigi Anda pada gigi Anda sendiri dengan sudut 45 derajat ke gusi Anda.
  3. Gerakkan sikat gigi Anda maju dan mundur hanya dengan berbicara, sapuan lembut dengan lebar yang sama persis dengan masing-masing gigi.
  4. Sikat semua permukaan luar, di dalam permukaan, dan kunyah permukaan gigi seseorang, dan jangan lupa lidah Anda.
  5. Untuk bagian dalam gigi depan seseorang, miringkan sikat gigi Anda secara vertikal dan buat gerakan kecil naik-turun.

Sayangnya, plak menumpuk kembali dengan cepat setelah disikat. Beberapa ahli merekomendasikan perawatan di rumah lain untuk menghilangkan penumpukan plak. Ini umumnya termasuk minyak menarik dan perawatan baking soda.

  1. Oil pulling

Menghirup minyak – biasanya kelapa atau minyak zaitun – di sekitar mulut Anda dapat menguatkan gigi, mencegah kerusakan gigi, meredakan sakit gusi, dan menghilangkan plak.

Untuk melakukan “oil pull,” Anda mengocok sekitar satu sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun di sekitar mulut Anda selama 20 hingga 30 menit (jauh lebih banyak dari yang Anda siram di sekitar obat kumur yang khas). Minyak kelapa dianggap sangat bermanfaat karena mengandung asam lemak seperti misalnya asam laurat, zat dengan efek anti-inflamasi dan antimikroba.

  1. Bubuk soda kue

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang menyikat gigi mereka dengan pasta gigi yang mengandung soda kue menghilangkan lebih banyak plak dan memiliki lebih sedikit plak yang tumbuh lebih dari 24 jam daripada orang-orang yang menyikat gigi mereka dengan pasta gigi yang tidak mengandung baking soda.

Soda kue efektif untuk menghilangkan plak karena ini adalah pembersih alami dan bersifat abrasif, yang berarti terbaik untuk menggosok.

Bagaimana plak menyebabkan karang gigi terbentuk

Penumpukan plak mungkin memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. Bakteri dalam plak menghasilkan asam dengan memberi makan pada gula dalam makanan yang Anda makan, yang dapat merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Bakteri juga membuat racun yang akan memperburuk gusi Anda, mengakibatkan penyakit periodontal (penyakit gusi).

Ketika plak di gigi seseorang bergabung dengan mineral dalam air liur Anda untuk menciptakan deposit yang sulit, itulah yang disebut tartar. Nama lain untuk tartar adalah kalkulus. Seperti plak, karang gigi bisa membentuk keduanya di atas dan di bawah garis gusi. Tartar membentuk tempat berkembang biak bagi bakteri plak untuk berkembang, memungkinkan bakteri plak berkembang biak dengan cepat.

Tidak seperti plak, karang gigi tidak dapat dihilangkan dengan menyikat atau flossing. Untuk menghilangkannya, Anda harus menemui dokter gigi Anda, yang menggunakan instrumen khusus untuk menghilangkannya dalam teknik yang disebut “skala dan poles.” Penentuan skala menggambarkan pengangkatan atau pengambilan dari gigi tartar dari gigi seseorang, sementara pemolesan membantu menghaluskan dan menyamarkan gigi sesudahnya.

Bagaimana cara mencegah plak dan karang gigi terbentuk

Cara terbaik untuk mencegah plak terbentuk adalah dengan mempertahankan kebiasaan gigi yang baik. Sikat gigi Anda selama dua menit setidaknya dua kali per hari (idealnya satu kali di pagi hari dan satu kali sebelum tidur), dan lumut setidaknya satu kali sehari.

Penunjukan gigi rutin juga penting untuk mencegah penumpukan plak dan tartar tambahan pada gigi Anda. Dokter gigi Anda akan mengikis dan membersihkan gigi Anda sehingga mereka bebas dari plak dan karang gigi. Mereka juga dapat melakukan perawatan fluoride, yang dapat mencegah dan memperlambat pertumbuhan bakteri plak dan penumpukan tartar pada gigi Anda. Ini membantu mencegah kerusakan gigi.

Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet yang dimaniskan dengan sorbitol atau xylitol di antara waktu makan dapat mencegah penumpukan plak. Pastikan tidak pernah mengunyah permen karet dengan gula, yang mendorong pertumbuhan bakteri pada gigi. Makan diet yang lebih sehat yang lebih rendah dalam gula tambahan, di satu sisi lain, dapat membatasi pertumbuhan bakteri pada gigi Anda. Pastikan untuk memakan banyak hasil bumi segar, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.

Obat kumur atau alat seperti pick gigi, sikat interdental, atau tongkat gigi dapat membantu mencegah penumpukan bakteri di antara waktu makan.

Merokok dan mengunyah tembakau juga mendorong pertumbuhan bakteri pada gigi. Berhenti menggunakan produk tembakau, dan jangan mulai jika Anda belum pernah mencobanya.

Kesimpulan

Semakin besar Anda merawat gigi Anda, semakin sedikit plak dan karang gigi akan menumpuk pada mereka. Anda harus menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, dan floss sekali, untuk mencegah penumpukan plak. Juga, pastikan untuk mengunjungi dokter gigi Anda secara teratur untuk perawatan pencegahan dan penghapusan tartar. Merawat gigi dengan sangat baik akan membuat Anda sehat dalam jangka panjang.

Jika Anda yakin Anda dapat memiliki masalah gigi terkait dengan penumpukan plak atau tartar, jadwalkan janji bersama dokter gigi Anda segera. Semakin cepat Anda mengatasi masalah gigi, semakin sedikit kerusakan yang diakibatkannya dan semakin mudah (dan lebih murah) yang akan diobati.

 

READ  6 Cara Mengolah Kunyit Putih

Tags: #baking soda #gigi #minyak kelapa

Leave a reply "Apa Itu Plak Karang Gigi? Bagini Cara Menghilangkannya"

Author: 
    author