15 Manfaat Daun Kemuning dan Cara Mengolahnya

Daun kemuning (Murraya paniculata L.) sering dijumpai tumbuh liar di tepi hutan, semak belukar, pagar kebun atau ditanam sebagai tanaman hias di halaman. Serupa dengan flora ylang-ylang dan melati, tanaman kuning juga paling sering digunakan sebagai obat alami. Unsur tumbuhan yang digunakan adalah daun, ranting dan akar. Kulitnya juga memiliki digunakan sebagai obat.

Tanaman ini dapat ditemukan dari dataran rendah hingga ketinggian 400 m dpl. Tanaman  semak atau pohon kecil dengan cabang yang banyak ini bisa tumbuh dengan ketinggian 3-8 m, cabang yang beralur, tidak berduri.

Daun kemuning mengandung kadinena, metil-anthranilat, bisabolena, β-caryophyllene, geraniol, 3-Carene, eugenol, sitronelol, metil-salisilat, s-guaiazulene, osthole, paniculatin, tanin, dan coumurrayin.

Tanaman kemuning ini memiliki beberapa manfaat daun kemuning bagi kesehatan baik itu daunnya, batangnya, akarnya bahkan bunganya.

Disini kami akan membahas beberapa manfaat daun kemuning bagi kesehatan, diantaranya:

1. Melancarkan Haid

Cara mengolah daun kemuning adalah

  • Daun kemuning dan daun pacar kuku (Lawsonia inermis) masing-masing bahan segar sebanyak 1/2 genggam,
  • rimpang temulawak 1 jari,
  • dicuci dan dipotong-potong seperlunya.
  • Tambahkan 3 gelas air bersih Lalu direbus sampai airnya tersisa 1 gelas.
  • Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

2. Infeksi Saluran Kemih

  • Sediakan 30 gr daun kemuning + 20 gr sambiloto (Andrographis paniculata) + 15 gr meniran (Phyllanthus urinaria), 
  • semua bahan dicuci bersih
  • lalu direbus dengan menambahkan 600 cc air sampai tersisa 300 cc,
  • saring lalu diminum airnya untuk 3 x sehari @ 100 cc.
READ  Bagi Penderita Asma, Pahami Tips Aman Berolahraga Ini

3. Infeksi Saluran Kencing

Siapkan daun kemuning yang masih segar sebanyak 35 gr dicuci lalu + 3 gelas air. Rebus hingga airnya tersisa 1 1/2 gelas, tiriskan sampai dingin lalu diminum 3x sehari @ 1/2 gelas.

4. Radang Buah Zakar

Cara mengolah daun kemuning untuk radang buah zakar adalah :

  • Sediakan 9 lembar daun kemuning segar sebanyak 60 g dan herba sambiloto sebanyak 35 g
  • dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai airnya tersisa 1 gelas.
  • Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.
  • Lakukan setiap hari sampai sembuh. .

5. Pelangsing Tubuh

Daun kemuning segar dan daun mengkudu (Morinda citrifolia) masing-masing segenggam penuh dan temu giring sebanyak 1/2 jari kelingking ditumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir air masak sambil diaduk merata. Peras dengan sepotong kain. Air yang terkumpul diminum sekaligus pada pagi hari sebelum makan.

6. Terapi Memar

Kemuning dan kaca piring, masing-masing daun segar, sama banyak, dicuci lalu digiling halus. Tambahkan sedikit arak sambil diaduk di atas api. Hangat-hangat ditempelkan pada bagian tubuh yang memar. 

7. Peradangan pikiran (ensefalitis)

Cara mengolah daun kemuning 30-60 gram daun kemuning direbus dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc, air diminum selagi panas setelah disaring. Meskipun demikian, konsultasikan dengan profesional perawatan kesehatan.

8. Ulkus Lambung

Cara mengolah daun kemuning untuk kesehatan lambung adalah Daun kemuning 15 gram, 80 gram lidah buaya (Aloe vera L.) dikupas, 5 gram jahe kering (Zingiber officinale Rosc.) , Rebus dalam air kecuali sisa empat ratus cc hingga 200 cc, minum air setelah disaring.

9. Batu ginjal

Daun kemuning dimasukkan kedalam 150 cc air, kemudian disaring lalu diminum.

10. Dermis Lembut

Bahan daun kemuning 50 gram, 50 gram Curcuma heyneana Val., 25 gram kulit jeruk purut (Citrus hystrix DC.) , 150 gram beras ketan (Oryza sativa L.) yang sudah direndam kecuali empuk. Semua bahan ditumbuk halus dan dikeringkan, tambahkan 1 sendok teh garam, lalu ditumbuk lagi dan diayak langsung menjadi bubuk. Ambil 1-2 sendok makan dan tambahkan sedikit air dan oleskan ke kulit. Lakukan 1 hari.

READ  Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Gigi dan Mencegah Bau Mulut

11. Penurunan Tingkat Kolesterol Yang Berlebihan

Rebus 20 gram daun kuning bersama dengan 3 gelas air dan sisakan satu gelas. Tambahkan 1 sendok makan madu murni, lalu minum airnya. Lakukan dengan cara ini, tiga kali sehari.

12. Menghaluskan kulit

Daun kemuning segar sebanyak 30 g dicuci lalu ditumbuk sampai lumat. Tambahkan air bersih 1 gelas sambil diaduk rata. Bahan tersebut lalu dilulurkan pada kulit sebelum tidur. 

13. Menyembuhkan perut kembung

Manfaat daun kemuning berikutnya, yaitu menyembuhkan perut kembung. anda merasa perut kembung dan tidak nyaman rasanya, silakan meminum rebusan daun kemuning yang masih hangat. Cara membuat ramuannya cukup mudah.

  • sediakan sekitar 10 lembar daun kemuning yang dicuci bersih,
  • lalu direbus dengan air hingga mendidih.
  • angkat dan saring di dalam gelas untuk diminum.
  • setelah meminumnya, anda akan merasakan perut tidak kembung lagi.

14. Mengatasi jerawat di wajah

Manfaat daun kemuning untuk wajah, yaitu mengatasi jerawat yang membandel. anda yang masih berjerawat tidak perlu bingung. anda cukup menggunakan daun kemuning yang sudah dicuci bersih. selanjutnya, dihaluskan daun-daunnya dan dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat. lakukan secara teratur setiap hari, terutama pada malam hari sebelum beranjak tidur. sedikit demi sedikit jerawat di wajah anda akan hilang tak berbekas.

15. Mengatasi Keputihan

Cara mengolah daun kemuning untuk mengatasi keputihan adalah, Ambil 1 helai Daun Kemuning, 1 gelas air (300cc) dan gula aren secukupnya yang direbus hingga mendidih lalu disaring. Ramuan ini harus diminum tiga kali sehari sebanyak ½ gelas. Untuk keputihan yang ringan minum rutin hingga 1 bulan, sedangkan keputihan yang parah minum yang rutin hingga 4 bulan.

sumber : https://pengobatantradisional.com/daun-kemuning/