Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Gigi dan Mencegah Bau Mulut

11 views
5 (100%) 11 votes

Oil Pulling adalah obat tradisional India kuno yang diklaim dapat memutihkan gigi Anda, menyegarkan napas dan sangat meningkatkan kesehatan mulut Anda.

Menggunakan minyak kelapa untuk oil pulling telah menjadi semakin populer.

Banyak orang bersumpah dengan obat ini, dan banyak yang mengatakan selain itu meningkatkan kesehatan mereka dengan cara lain.

Artikel ini mengeksplorasi apakah ada kebenaran di balik klaim ini atau apakah oil pulling hanyalah tren tidak berguna lainnya.

Apa yang Oil Pulling dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Oil pulling melibatkan minyak yang mendidih di sekitar mulut, menggunakannya seperti obat kumur. Ini telah digunakan selama puluhan ribu tahun sebagai obat tradisional India.

Agar tarikan minyak, Anda menambahkan satu sendok makan minyak di area mulut, lalu desiskan selama 15-20 menit.

Manfaat utama dari melakukan ini benar-benar adalah mengurangi jumlah bakteri berbahaya di mulut.

Anda dapat menemukan banyak sekali jenis bakteri yang berbeda di mulut Anda. Sementara banyak dari mereka ramah, yang lain tidak.

Bakteri di daerah mulut mengembangkan biofilm di gigi Anda sendiri, lapisan tipis yang disebut sebagai plak.

Memiliki beberapa plak di gigi Anda sendiri adalah hal yang normal, tetapi jika itu tidak terkontrol, itu dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk bau mulut, radang gusi, radang gusi dan gigi berlubang.

Cara kerja oil pulling sangatlah mudah – begitu Anda mengocok minyak di sekitar area mulut, bakteri akan tersapu dan larut dalam minyak cair.

READ  Apa Itu Plak Karang Gigi? Bagini Cara Menghilangkannya

Oil pulling harus menggunakan hampir semua minyak, tetapi minyak kelapa extra-virgin adalah pilihan yang populer karena rasanya yang menyenangkan.

Ini juga memiliki profil asam lemak yang menguntungkan, mengandung asam laurat dalam jumlah tinggi, yang memiliki sifat antimikroba (1).

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang keuntungan dari oil pulling, lihat artikel ini.

RINGKASAN

Oil Pulling adalah obat India kuno untuk mencuci mulut dan gigi. Ini diklaim untuk mengurangi kemungkinan gigi berlubang, radang gusi dan bau mulut.

Minyak Kelapa Dapat Mengurangi Bakteri Berbahaya di Mulut Anda

Streptococcus mutans adalah salah satu bakteri utama di daerah mulut dan pemain vital dalam penumpukan plak dan kerusakan gigi.

Satu penelitian pada 60 orang dewasa mengungkapkan bahwa oil pulling dengan minyak kelapa selama 10 menit setiap hari dan setiap hari secara signifikan mengurangi jumlah S. mutans dalam air liur dalam waktu empat belas hari, dibandingkan dengan air suling (2).

Studi lain pada anak-anak menganggap minyak kelapa sama efektifnya dengan obat kumur klorheksidin yang khas dalam mengurangi S. mutans (3).

Sementara hasil ini menjanjikan, lebih banyak penelitian penting membandingkan efektivitas minyak kelapa dengan jenis minyak lainnya.

RINGKASAN
Menggunakan minyak kelapa sebagai obat kumur dapat secara signifikan mengurangi jumlah bakteri berbahaya, seperti S. mutans, di mulut Anda.

Oil Pulling Dapat Mengurangi Plak dan Gingivitis

Gingivitis adalah karena peradangan gusi dan terjadi setiap kali sistem perlindungan kekebalan Anda mulai menyerang bakteri di dalam plak.

Satu penelitian pada 20 remaja laki-laki dengan gingivitis yang diinduksi plak membandingkan hasil oil pulling wijen dan obat kumur klorheksidin yang khas.

Baik oil pulling maupun mouthwash efektif terhadap gingivitis (4).

READ  3 Cara Memilih Obat Untuk Anak Yang Sedang Sakit

Minyak kelapa memiliki manfaat yang serupa. Penelitian satu bulan lainnya di 60 remaja menemukan bahwa minyak kelapa setiap hari secara signifikan mengurangi penanda gingivitis (5).

RINGKASAN

Oil Pulling dengan minyak kelapa dapat mengurangi radang gusi, juga dikenal sebagai gingivitis.

Oil Pulling Bisa Mengurangi Nafas Buruk

Bau mulut, atau dikenal sebagai halitosis, dalam banyak kasus karena bau bahan kimia dan gas yang diciptakan oleh bakteri di mulut Anda.

Ini terhubung dengan infeksi, gingivitis dan kebersihan mulut yang buruk secara keseluruhan (6).

Masuk akal bahwa jika Anda membuang beberapa bakteri tersebut dan meningkatkan kesehatan mulut Anda, Anda mengurangi dengan mantap kemungkinan mengalami bau mulut.

Sebuah penelitian pada 20 remaja menunjukkan bahwa minyak yang menarik dengan minyak wijen secara signifikan mengurangi semua penanda bau mulut dan sama efektifnya dengan obat kumur klorheksidin (7).

Lebih banyak penelitian perlu untuk memeriksa apakah oil pulling dengan minyak kelapa memiliki manfaat yang sama untuk halitosis. Namun mengingat fakta bahwa itu bisa mengurangi plak dan radang gusi, ini menunjukkan kemungkinan.

RINGKASAN

Beberapa bukti menunjukkan oil pulling dengan minyak wijen mengurangi bau mulut. Minyak kelapa bisa memiliki efek yang sama persis.

Manfaat dan Kesalahpahaman yang Belum Terbukti

Ada banyak kesalahpahaman tentang oil pulling.

Salah satu klaim umum adalah bahwa oil pulling dapat memutihkan gigi Anda. Namun, saat ini tidak ada penelitian yang mengkonfirmasi manfaat ini (8).

Beberapa orang juga benar-benar percaya bahwa oil pulling adalah sejenis detoks yang menarik racun dari darah. Tidak ada bukti yang mendukung gagasan ini.

Akhirnya, tidak ada bukti ilmiah bahwa obat membantu mengobati penyakit apa pun selain yang memengaruhi mulut.

RINGKASAN

Ada banyak mitos dan kesalahpahaman tentang oil pulling. Saat ini, tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa oil pulling memutihkan gigi Anda atau menghilangkan racun dalam darah Anda.

Bagaimana Cara Melakukan Oil Pull

Oil Pull sangat sederhana:

  1. Masukkan satu sendok makan minyak ke mulut Anda
  2. Celupkan minyak di sekitar mulut Anda selama sekitar 15-20 menit
  3. Ludahkan minyak, lalu gosok gigi Anda
  4. Lebih baik untuk meludahkan minyak ke sedikit kertas dan menaruhnya di tempat sampah – lemak mungkin menyumbat pipa Anda dari waktu ke waktu.
READ  Sebungkus Mie Instan, Sebabkan Penyakit Mematikan Menghampiri Anda

Tidak perlu menggunakan banyak kekuatan. Jika oil pull menyebabkan rasa sakit di otot wajah Anda, rileks sedikit. Coba gunakan lebih sedikit minyak pada waktu berikutnya dan jangan mengocoknya terlalu kuat.

Beberapa orang mengatakan lebih baik untuk menggunakan minyak dengan perut bersih, sebelum menyikat gigi. Banyak yang beraksi saat mandi atau mandi di pagi hari.

RINGKASAN

Oil pull sederhana. Masukkan satu sendok makan minyak ke dalam mulut Anda, desas-desus selama 15-20 menit dan keluarkan. Lalu bilas dengan air dan sikat gigi Anda.

Garis bawah

Oil pull dengan minyak kelapa hanyalah metode sederhana yang dapat mengurangi risiko bau mulut, gigi berlubang dan radang gusi.

Ada banyak klaim kesehatan lain yang terkait dengan oil pull, tetapi kebanyakan tidak didukung oleh sains.

Namun demikian, oil pull tampaknya menjadi strategi pelengkap yang sangat baik untuk meningkatkan kebersihan mulut Anda. Ini pasti pantas untuk dicoba.

Tags: #gigi #minyak kelapa #mulut

Leave a reply "Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Gigi dan Mencegah Bau Mulut"

Author: 
    author